Senin, 07 September 2020

LAKI MINTA INSPEKTORAT KUKAR TRANSPARAN SOAL AUDIT MGRM

Tenggarong, 7 September 2020 DPC.LAKI.KUKAR, menyoroti Carut marutnya keuangan Perseroda PT. Mahakam Gerbang Raja Migas ( MGRM ) sehingga dilakukan audit oleh Inspektorat Kabupaten Kutai Kartanegara beberapa waktu belakangan ini, Menurut FB.Jemmy. S selaku Ketua DPC LAKI KUKAR Inspektorat harus independen dalam mengaudit laporan keuangan tersebut.

Kami akan memantau Inspektorat dalam pemeriksaan MGRM tersebut sebab Laskar Anti Korupsi Indonesia sudah lama mengamati eksistensi dan kinerja PT Mahakam Gerbang Raja Migas (MGRM) sebagai Perusahaan Daerah plat merah yang menjalankan Participating Interest (PI) Blok Mahakam yang diduga masih banyak menyimpan segudang masalah. 

Betapa tidak, pada awal berdirinya Perusahaan ini sudah menuai kritik, karena dana penyertaan modal 5 milyar yang habis dalam kurang lebih 8 bulan.

Kami juga menyoroti mengapa Dirut berkantor di Jakarta, seharusnya Dirut dan jajarannya berkantor di Tenggarong karena kantor PT. MGRM ini seyogyanya memang berada di Tenggarong, akibat berkantor  di Jakarta banyak sekali pemborosan maupun inefisiensi  terjadi. Dalam hal ini tentu Kutai Kartanegara sebagai pemilik Perusahaan sangat dirugikan dengan sistem seperti ini.

LAKI akan mengikuti perkembangan dan  mengawal pemeriksaan keuangan MGRM yang dilakukan oleh Inspektorat Kukar pada saat ini. Kami sangat serius akan bertindak dan melaporkan ke pihak berwajib jika ada indikasi penggelapan keuangan dan termasuk kebijakan-kebijakan yang merugikan keuangan daerah, misalnya saja pembagian laba dari hasil PI seharusnya langsung masuk kas daerah, ini juga menjadi perhatian kami. Namun jika terdapat indikasi dana PI ini dijadikan bancaan maka LAKI Kukar tak akan ragu untuk melaporkan ke Kejaksaan, Bahkan ke KPK RI.

Menyikapi hal ini Kami mendukung dan mendorong Inspektorat agar serius dan betul-betul profesional dalam mengaudit PT. MGRM ini sesuai dengan yang diamanahkan dalam perundang-undangan maupun peraturan yang berlaku sehingga kedepannya Perusahaan ini bisa lebih transparan dan akuntabel.

 Harapan Kami ke Bupati agar menunjuk Orang daerah untuk menjadi pimpinan di Perusahaan ini. Serta harapan kami juga kepada Inspektorat Kukar jangan sampai tunduk terhadap pihak-pihak yang berpeluang untuk mengintervensi hasil Audit tersebut, jangan sampai masuk angin,  Pungkas Jemmy.



Ditulis : DB1
Editor  : EP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WASPADA JUAL BELI JABATAN, LAKI INGATKAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI HATI-HATI DALAM MUTASI JABATAN...!!!

Ketua DPC.LAKI.KUKAR Bung Jemmy saat berada di depan Gedung KPK RI WASPADA JUAL BELI JABATAN, LAKI INGATKAN BUPATI DAN WAKIL BUP...